Oleh: aldyllah | Maret 2, 2010

Telah Hadir Pesantren Mahasiswa di Jakarta, Al-Bayyinah

Fenomena generasi muda yang diterpa oleh kebudayaan dan pemikiran dari luar melalui berbagai media perlu dibekali kecakapan ilmu dan nalar yang cukup serta perlunya aktualisasi khazanah keilmuan hingga mampu menjaga keseimbangan antara doktrin ke Islaman dan perkembangan zaman modern mendorong dibentuknya pesantren Mahasiswa Al Bayyinah.

Pesantren yang terletak di Jl Buncit Raya Kalibata Pulo Jakarta Seletan ini telah berdiri sejak tahun 2009 dan beraktivitas namun baru diresmikan sebagai hari milad pada 12 Rabiul Awal 1431 H bertepatan dengan 26 Februari 2010 sekaligus untuk memperingati hari lahir Rasulullah.

Hadir dalam peresmian tersebut KH Saifuddin Amsir, rais syuriyah PBNU sekaligus sebagai ulama Betawi. KH Utsman Syarif, KH Zainuddin Hadir serta ulama-ulama DKI lainnya.

Dengan lokasi diatas tanah seluas 500 M persegi, kini sejumlah santri yang terdiri dari para mahasiswa UI, UNJ, LIPIA, UIN, At Tahiriyah dll. Aktivitas pesantren terdiri dari pengajian kitab salaf, kajian isu-isu islam kontemporer, penulisan bulletin dan jurnal, pembinaan generasi muda sekitar pesantren, dan kesenian.

“Kita perlu membentuk karakter generasi muda yang mempunyai kemapuan dan jiwa ke ulamaan, intelektualitas dan keihklasan menyongsong kehidupan yang lebih realistis dan beradab,” kata ustadz Cholil Nafis, salah satu pengasuh pesantren tersebut.

Ia berharap pesantren ini dapat berperan sebagai embrio model pesantren mahasiswa untuk mencetak generasi yang intelektual dengan jiwa ulama dan ulama dengen nalar intelektual yang dilandasan keikhlasan. (mkf)

sumber: NU Online


Responses

  1. kerennnnn!!!
    atum , spertinya da bakat untuk itu,
    bulan depn jd mutarobi yach…
    ammin!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: